Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Madrasah Ibtidaiyah

  • Annisa Intan Wahyudini Institut Al Azhar Menganti Gresik
  • M. Heri Prianto Institut Al Azhar Menganti Gresik
  • Ivo Yuliana Institut Al Azhar Menganti Gresik
Keywords: Komik Digital, STEM, Literasi Sains

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk membuat media komik digital berbasis STEM yang valid, praktis, dan efektif yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Menganti. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu; (1) Analisis, (2) Desain, (3) Development (Pengembangan), (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa observasi terhadap guru, respon angket siswa, serta nilai rata-rata pre-test dan post-test siswa pada soal literasi sains. Hasil dari pengembangan media komik digital berbasis STEM ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi sains dengan nilai rata-rata 0,81 melalui skala n-gain dan menunjukkan kategori yang tinggi. Media komik digital ini juga dinyatakan valid dengan total skor rata-rata 3,79 dengan kategori sangat baik. Selain itu, media komik digital juga dianggap praktis karna sudah terlaksana dengan baik sesuai dengann tahapan pembelajaran dengan pendekatan scientific. Media komik digital ini juga dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Menganti yang dibuktikan dengan adanya peningkatan antara nilai pre-test dan post-test. Pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis STEM efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Menganti, memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang diharapkan.

References

Abdillah, Leon Andretti, Sufyati HS, Puji Muniarty, Indra Nanda, Septina Dwi Retnandari, Wulandari Wulandari, Adirasa Hadi Prasetyo, dkk. Metode Penelitian dan Analisis Data Comprehensive. Cirebon: Penerbit Insania, 2021.
Al Azka, Hanna Haristah, Rina Dwi Setyawati, dan Irkham Ulil Albab. “Pengembangan modul pembelajaran.” Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 1, no. 5 (2019): 224–36.
Aliifah, Ninditya Jihan, Munasprianto Ramli, dan Luki Yunita. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Webtoon Terintegrasi STEM pada Mata Pelajaran Kimia Materi Gaya Antarmolekul.” SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA 5, no. 1 (2023): 112–26.
Anam, Syaiful, Zaharah, Taufik Abdillah Syukur, Ahmad Saefulloh, Yusriani, Najamuddin Petta Solong, Herwinsyah, dkk. Media Pembelajaran Berbasis Nilai Islami. Global Eksekutif Teknologi, 2023.
Arisyana, Dwi Jaya. “Analisis Visual Karakter Hero Komik Digital Nusantara Droid War.” Skripsi, Universitas Komputer Indonesia, 2021. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/5242/.
Audri, Fanny. “Pengembangan Media Pembelajaran Cell-Di Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Pembelahan Sel Di SMA.” Skripsi, Universitas Siliwangi, 2024. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12041.
Aufa, Nurul, Cut Morina Zubainur, dan Said Munzir. “Pengembangan perangkat pembelajaran model Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan software Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 11 (2021): 2377–94.
Azhari, Bisri Musa, Hanifa Alifia Puteri, Izmi Azizah, Nurisa Kamila, Hasna Azifatun Nazwa, dan Riki Andriatna. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Jeron melalui Lembar Kerja Komik Berbasis STEAM dan MIKiR.” To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 2 (2022): 250–62.
Branch, Robert Maribe. Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer Science & Business Media, 2009.
dkk, Azim Izul Islami. Saintis Muda Di Era Digital. Semarang: Alinea Media Dipantara, 2022.
Faqih, Muhamad. “Efektivitas penggunaan media pembelajaran mobile learning berbasis android dalam pembelajaran puisi.” Jurnal Konfiks 7, no. 2 (2020): 27–34.
Fatra, Maifalinda. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis STEM untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah,” 2022. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/66440.
Fauzia, Fara El Alfa. “Pengaruh Media Komik Digital terhadapat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia kelas XI MA Zumrotul Wildan Jepara Tahun Ajaran 2020/2021.” PhD Thesis, IAIN KUDUS, 2021. http://repository.iainkudus.ac.id/6478/.
Fuadi, Husnul, Annisa Zikri Robbia, Jamaluddin Jamaluddin, dan Abdul Wahab Jufri. “Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5, no. 2 (2020): 108–16.
Gumelar, M. S. Comic Making: Membuat Komik. An1mage, 2010.
Hamimi, Erti, Erni Yulianti, Isnanik Juni Fitriyah, Yessi Affriyyenni, Yayuk Mulyati, dan Utiy Dewi Zuhriyah. Stem Project Based Learning. Malang: Rena Cipta Mandiri, 2022.
Handayani, Tri. “Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 5, no. 3 (2021): 737–56.
Hanum, Anisa, dan Prima Mutia Sari. “Pengembangan Media Pembelajaran Kodular Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Bagi Kelas 4 Sd.” Academy of Education Journal 14, no. 2 (2023): 494–505.
Hidayati, Abna, Zuliarni Zuliarni, dan Dedi Supendra. “Pengembangan Media Komik Digital pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (2024): 5265–72.
Humairah, Lily Putri, dan Sri Wahyuni. “Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Flipbook Digital Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 14, no. 01 (2024): 26–34.
Husamah, Arina Restian, dan Rohmad Widodo. Pengantar Pendidikan. Malang: UMMPress, 2019.
Jalmur, Nizwardi. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2016.
Jannah, Dewi Rahmawati Noer, dan Idam Ragil Widianto Atmojo. “Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 1 (2022): 1064–74.
Jufrida, Jufrida, Fibrika Rahmat Basuki, Wawan Kurniawan, Miko Danu Pangestu, dan Olva Fitaloka. “Scientific Literacy and Science Learning Achievement at Junior High School.” International Journal of Evaluation and Research in Education 8, no. 4 (2019): 630–36.
Khairiyah,S.Pd, Nida’ul. Pendekatan Science, Technology, Engineering dan Mathematics (STEM). Medan: SPASI MEDIA, 2019.
Khaqi, Rizal Bay. “Riset Analisis Unsur Visual Pada Komik Digital Geng Komunika Pada Platform Webtoon.” WARNARUPA (Journal of Visual Communication Design) 1, no. 2 (2021). https://jurnal.umt.ac.id/index.php/WARNARUPA/article/view/8349.
Khotijah, Siti. “Pengembangan Media Komik Berbasis Potensi Lokal Kota Kudus Untuk Meningkatkan Literasi Sains Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII SMP/MTs.” PhD Thesis, IAIN KUDUS, 2023. http://repository.iainkudus.ac.id/9966/.
Krisno, Agus. SINTAKS 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMMPress, 2016.
Kurniawan, Haris, dan Eva Susanti. Pembelajaran Matematika Dengan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic). Deepublish, 2021.
Kusrianto, Adi. Pengantar Tipografi. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.
Lisa, Nelly Wedyawati dan Yasinta. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Sleman: Deepublish, 2019.
Magfiroh, Ririn Isna. “Pengembangan Komik IPA Berorientasi I-STEM (Islamic, Science, Technology, Engineering, and Mathematic) Topik Sistem Peredaran Darah pada Manusia untuk Siswa MTs/SMP.” Skripsi, IAIN KUDUS, 2023. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11343.
Maharani, Annisa. “Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi.” PhD Thesis, Universitas Unja, 2024. https://repository.unja.ac.id/60112/.
Mahmud, Dini Rosyada, Mahmudi Mahmudi, Sri Wahyuni, Herawati Susilo, dan Ratna Ekawati. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Digital Book" Hai Si IPA" Untuk Meningkatkan Literasi Sains di Kelas V Sekolah Dasar: Needs Analysis Development Of" Hai Si IPA" Digital Book To Improve Science Literacy In Class V Elementary School.” Jurnal Sains dan Teknologi 1, no. 2 (2022): 47–57.
Maulida, Utami. “Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka.” Tarbawi 5, no. 2 (2022): 130–38.
M.H, Dr Teuku Muttaqin Mansur, Dr Sulaiman M.H S. H., Dr M. Adli Abdullah M.CL S. H., dan Hasbi Ali M.Si S. Pd. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar: Berbasis General Education. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2020.
Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell, dan William Wells. Advertising Ed.8. Jakarta: Kencana, 2008.
Mutiaramses, Mutiaramses, dan Yanti Fitria. “The Pengembangan Komik Digital Berorientasi Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 8, no. 2 (2022): 699–704.
Neolaka, Amos, dan Grace Amialia A. Neolaka. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup: Edisi Pertama. Depok: Kencana, 2015.
Nindyana, Dewana Galuh, dan Hendro Aryanto. “Perancangan Komik Digital Fantasi Cerita Rakyat Nusantara Timun Mas.” Barik 3, no. 2 (2022): 1–14.
Novallyan, Devie, Dwi Gusfarenie, Reny Safita, Nehru, dan Cicyn Riantoni. Pembelajaran Berbasis STEM. Pekalongan: Penerbit NEM, 2022.
Nunuk Suryani, Achmad Setiawan, dan Aditin Putria. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.
Nurazizah. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis STEM untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah.” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2022. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/66440.
Nuryadi, Nuryadi, dan Nanang Khuzaini. “Keefektifan media matematika virtual berbasis teams game tournament ditinjau dari cognitive load theory.” Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 2, no. 1 (2017): 57–68.
Prananingrum, Afiffah Vinda, Ikhwan Nur Rois, dan Anna Sholikhah. “Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 6, no. 6 (2020): 303–19.
Putri, Samantha Triana, dan Ratih Mahardika. “Perancangan Media Edukasi Pola Makan Sehat Melalui Komik Strip Bergaya Kartun Indonesia.” IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora 8, no. 1 (2023): 156–65.
Ristiani, Ristiani. “Pengembangan Komik Digital Literasi Sains Bermuatan Nilai Keislaman pada Topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya Jenjang SMP/MTs.” PhD Thesis, IAIN KUDUS, 2023. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10031.
Riwanto, Mawan Akhir, dan Mey Prihandani Wulandari. “Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energ.” JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) 2, no. 1 (2019). https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/195.
Rofiq, Abdul, Luh Putu Putrini Mahadewi, dan Desak Putu Parmiti. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu.” Journal of Education Technology 3, no. 3 (2019): 126–33.
Saparuddin. Inovasi Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2022.
Schleicher, Andreas. “PISA 2018: Insights and interpretations.” oecd Publishing, 2019. https://eric.ed.gov/?id=ED601150.
Socrates, Tegar Putra. “Desain Game Edukasi Fisika Bermuatan Literasi Saintifik dan Etnosains pada Materi Hukum Newton tentang Gerak.” PhD Thesis, Universitas Negeri Padang, 2023. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46917.
Sofia, Sofia, Tatang Suhery, Andi Suharman, Eka Ad’hiya, Diah Kartika Sari, dan Maefa Eka Haryani. “Penyuluhan Implementasi Pembelajaran STEM dalam Kurikulum Merdeka Belajar bagi Guru Kimia Kabupaten Banyuasin.” Jurnal Pengabdian West Science 3, no. 02 (2024): 90–97.
Sukmawati, Fatma, Eka Budhi Santosa, dan Triana Rejekiningsih. Inovasi Media Pembelajaran Virtual Reality dalam Pendidikan: Transformasi Pendidikan era 5.0. Sukoharjo: Pradina Pustaka, 2023.
Sulastri, Ani. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Stem (science, Technology, Engineering, and Mathematics) Untuk Siswa Smk Jurusan Teknik Mesin.” PhD Thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2023. http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/57.
Suparya, I. Ketut, I. Wayan Suastra, dan Ida Bagus Putu Arnyana. “Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 153–66.
Surani, Dewi, Perdy Karuru, Udi Iswadi, Marthen Semry Eknoe M.Pd, Dr Siti Jenab M.Pd.I, Dr Drs Sutarjo M.M.Pd, Laila Mahmudah M.Pd S. Pd, Dr Firman Saleh M.Hum S. S. , S. Pd, Fuad Hasyim M.A S. S., dan Anyan M.Kom S. Kom. Konsep Dasar Media Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri, 2024.
Sutrisna, Nana. “Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di Kota Sungai Penuh.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 12 (2021): 2683–94.
Syarifuddin, dan Eka Dewi Utari. Media Pembelajaran (dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital). Bening Media Publishing, 2022.
Tanango, Sri Melan, Masri Kudrat, dan Rustam I. Husain. “Pengembangan Modul Ajar Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Kurikulum Merdeka Kelas IV Sekolah Dasar.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 8907–79.
Ulfa, Ellistya Hayati. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI.” PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung, 2020. http://repository.radenintan.ac.id/10785/1/SKRIPSI%20%202.pdf.
Widyastuti, Reni, dan Listia Sari Puspita. “Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi pada matpel IPA tematik kebersihan lingkungan.” Paradigma–Jurnal Informatika dan Komputer 22, no. 1 (2020): 95–100.
Yuliana, Ivo, Muhamad Edi Cahyono, Wahono Widodo, dan Irwanto Irwanto. “The Effect of Ethnoscience-Themed Picture Books Embedded Within Context-Based Learning on Students’ Scientific Literacy.” Eurasian Journal of Educational Research 92 (2021): 317–34.
Yuniawati, Sinta, Evangelista Lus Windyana Palupi, dan Shofan Fiangga. “Pengembangan e-Comic Matematika Berbasis Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel.” MATHEdunesa 13, no. 2 (2024): 576–95.
YUNINDA, SARAH. “Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Instrinsik Teks Fabel Menggunakan Media Komik Digital Pada Peserta Didik Kelas Vii Smp Swadaya 1 Bandung.” PhD Thesis, FKIP UNPAS, 2022. http://repository.unpas.ac.id/59990/
Published
2025-09-23
How to Cite
Annisa Intan Wahyudini, M. Heri Prianto, & Ivo Yuliana. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Madrasah Ibtidaiyah . El-Miaz: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 4(2), 63-77. Retrieved from http://jurnal.mialazhar.sch.id/index.php/el-miaz/article/view/156